Ikuti Lomba APE JSIT Guru SMPIT Nuris Juara 1


Posted on: 9 November 2017


 

 

 


Widiyarti, salah satu guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam Tengaran, berhasil meraih juara lomba Alat Peraga Edukatif (APE) Relief Muka Bumi. Lomba digelar Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Koordinasi Daerah (Korda) Semarang di aula Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar Rohmah Ambarawa, belum lama ini

Widiyarti membuat APE dari bahan yang sederhana, namun diubah menjadi alat peraga yang bermanfaat mengarahkan siswa untuk bisa berpikir sesuai dengan materi pelajaran. Diharapkan dengan adanya lomba ini, mampu menjadi inspirasi bagi guru dalam mengajar dan mengembangkan pendidikan di sekolah masing-masing.

"Saya mencoba membuat APE yg sesuai dengan materi pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial (IPS). APE Relief Muka Bumi yang saya buat sesuai dengan materi Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen. Di mana kedua tenaga inilah yang membentuk permukaaan bumi," terang Widiyarti.

Dia menambahkan, kalau dilihat, bentuk permukaan bumi dibagi menjadi dua, yaitu bentuk muka bumi daratan dan bentuk muka bumi lautan. Bentuk muka bumi daratan meliputi gunung, lembah, bukit, dataran tinggi dan dataran rendah. Sedang bentuk muka bumi dasar laut meliputi dangkalan laut, lubuk laut, ambang laut, gunung laut dan palung laut.

"Terkadang dengan banyak istilah bentuk muka bumi, siswa kesulitan dalam membedakan. Ketika mereka hanya sekedar membaca materi, mereka hanya sebatas tahu, bahkan cenderung menghafal. Dengan alat peraga bentuk muka bumi ini, berguna untuk membantu siswa memahami dan membedakan macam-macam bentuk muka bumi", ungkapnya.

Widiyarti membandingkan, dari pengalamannya mengajar, di awal, siswa cenderung susah dalam membedakan bentuk muka bumi, karena mereka hanya menghafal ketinggiannya saja. Lalu saat mengajar dengan APE yang saya buat, siswa diajak membedakan bentuk muka bumi. "Setelah saya bandingkan, ternyata ada kemajuan ketika mengajar menggunakan APE dengan tanpa APE. Karena dengan APE anak bisa lebih mengeksplor pengetahuan mereka," imbuhnya.

Humas-Widiyarti
suaramerdeka.com

 

 

 

Versi cetak

Berita Terkait


Pesan Singkat (shoutbox)

Statistik Website

    Visitors :259897 Visitor
    Hits :735528 hits
    Month :1148 Users
    Today : 151 Users
    Online : 2 Users

YPI Sabilul Khoirot bertekad menyelenggarakan pendidikan yang Profesional dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Mencetak generasi Cerdas yang Berakhlaqul Karimah. Menyelenggarakan Usaha produktif. Serta mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki jaringan regional, nasional dan global.