Upacara Hari Pahlawan SMPIT Nurul Islam Bersama Veteran


Posted on: 14 November 2017


 

 

 

Upacara Hari Pahlawan 10 November yang digelar di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengatan Kabupaten Semarang berlangsung istimewa. Pasalnya, upacara kali ini dibersamai dengan dua orang veteran perang dari warga setempat, Jumat (10/11).

Sebutlah Mbah Yahyo (95 tahun) dan Mbah Slamet Sumitro (88 tahun), kedua veteran perang kemerdekaan yang berasal dari Kembangsari Tengaran ini turut serta membersamai upacara Hari Pahlawan tahun 2017 di SMPIT Nuris Tengaran.

Amanat pembina upacara disampaikan oleh Muhammad Sundomo Mario, salah satu guru SMPIT Nuris Tengaran, agar para siswa turut aktif dalam mempertahakan kemerdekaan dengan menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing.

Didampingi kepala sekolah, Sunarto, S.Ag, para veteran beramah tamah usai penyampaian amanat upacara. "Sengaja kami hadirkan para veteran perang kemerdekaan untuk menanamkan jiwa patriotisme kepada para siswa. Dengan menyaksikan langsung para veteran, berbincang bersama mereka, diharapkan para siswa mampu mengambil semangat juang untuk mengisi kemerdekaan serta mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia", pesan Sunarto.

Masih di lokasi upacara, diceritakan oleh Mbah Slamet Sumitro, salah satu veteran, "Dengan keterbatasan persenjataan yang dimiliki saat itu, meski hanya menggunakan bambu runcing, tidak mengurangi semangat kami untuk ikut berjuang meraih kemerdekaan".

"Saya kala itu masuk Tentara Keamanan Rakyat, Laskar Rakyat. Ikut berjuang sama teman-teman", imbuhnya.

Usai upacara, para veteran memperoleh santunan dan cinderamata perolehan dari penggalangan infaq siswa.

Humas - Rendy

suaramerdeka.com

 

 

 

Versi cetak

Berita Terkait


Pesan Singkat (shoutbox)

Statistik Website

    Visitors :259897 Visitor
    Hits :735530 hits
    Month :1148 Users
    Today : 151 Users
    Online : 2 Users

YPI Sabilul Khoirot bertekad menyelenggarakan pendidikan yang Profesional dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Mencetak generasi Cerdas yang Berakhlaqul Karimah. Menyelenggarakan Usaha produktif. Serta mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki jaringan regional, nasional dan global.