Perjusa 2016 SMPIT Nurul Islam


Posted on: 22 October 2016


 

Tengaran,

Terguyur hujan dan suasana mendung yang berkepanjangan ternyata tidak menyurutkan semangat juang pramuka Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam Tengaran dalam melaksanakan agenda tahunan, Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa).

Sebanyak 42 tenda didirikan untuk menampung siswa-siswi kelas tujuh dan delapan SMPIT Nurul Islam, dalam kegiatan Perjusa kali ini, Jumat-Sabtu (30/9-1/10).
Bertempat di Bumi Perkemahan Senjoyo, ratusan siswa mengawali perjusa dengan
pendirian tenda dan upacara pembukaan. Dilanjutkan agenda pioneering, dan api
unggun pada malam harinya.

“Memang betul api itu menghangatkan, tapi ingat itu bukan sesembahan,” begitu pesan kak Rendi sebagai pembina dalam prosesi upacara api unggun di Buper Senjoyo.

Di sela nyala api unggun, ditampilkanlah atraksi pentas seni masing-masing regu. Api unggun menjadi salah satu agenda dalam rangkaian acara kemah ceria Perjusa SMPIT Nurul Islam Tengaran.

Sebagaimana kegiatan perkemahan, perjusa kali ini juga ada agenda jurit malam. Masing-masing peserta kemah dibangunkan dini hari untuk prosesi jalan malam.

“Dengan perjalanan malam ini, diharapkan mental peserta benar benar terbentuk. Bukan agar menjadi penakut, tetapi justru agar menjadi berani, dengan memupuk kesadaran dan keimanan bahwa hanya Allah subhanahu wa ta’ala yang pantas untuk ditakuti,” tutur kak Wahid selaku ketua panitia.

Selepas jalan malam, peserta menjalankan shalat malam dilanjutkan shalat subuh berjamaah. Hari kedua perkemahan, diawali dengan senam Nusantara dilanjutkan sarapan pagi. Materi character building menjadi salah satu menu utama di hari itu.

Didampingi tim pelatih dari Komando Rayon Militer (Koramil) Tengaran, peserta kemah menjalani latihan baris berbaris. Terasa betul penanaman disiplin yang memang tidak ringan. Kami dilatih bagaimana menghormati, bagaimana mendengarkan, dan bagaimana menghargai. Semua itu direfleksikan dengan gerakan-gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Agenda wide game menjadi penutup dari perjusa SMPIT Nurul Islam yang berlangsung selama dua hari tersebut. Diharapkan agenda ini menjadi sarana refreshing siswa setelah menjalani Ujian Tengah Semester (UTS) pekan lalu.

suaramerdeka.com

 

Versi cetak

Berita Terkait


Pesan Singkat (shoutbox)

Statistik Website

    Visitors :259891 Visitor
    Hits :735464 hits
    Month :1147 Users
    Today : 147 Users
    Online : 3 Users

YPI Sabilul Khoirot bertekad menyelenggarakan pendidikan yang Profesional dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Mencetak generasi Cerdas yang Berakhlaqul Karimah. Menyelenggarakan Usaha produktif. Serta mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki jaringan regional, nasional dan global.