SDIT Nuris Gelar Munaqosah Uji Capaian Bacaan Al Quran Peserta Didik


Posted on: 22 November 2017


 

 

 

Munaqosah, dalam hal ini adalah ujian membaca Al Quran, merupakan kurikulum rutin mata pelajaran Baca Tulis Al Quran (BTAQ) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam (Nuris) Butuh Tengaran. Sekolah swasta di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran ini menggunakan metode Ummi dalam pembelajaran BTAQ. Untuk menguji capaian kemampuan membaca Al Quran peserta didiknya, SDIT Nuris menggelar munaqosah, Jumat-Sabtu (17-18/11).

Ujian yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh 177 murid kelas lima dan enam SDIT Nurul Islam. Peserta ujian adalah mereka yang telah selesai mencapai pembelajaran BTAQ Metode Ummi sampai kelas Tajwid.

Sebanyak dua puluh orang guru penguji mendampingi pelaksanaan munaqosah kali ini. Beberapa di antaranya adalah alumni pondok pesantren Sabilul Khoirot yang telah teruji kefasihan bacaan Al Qurannya. Masing-masing peserta praktek langsung di hadapan penguji, satu-persatu, untuk dinilai oleh tim penguji.

Koordinator Al Quran SDIT Nurul Islam, Wasito mengatakan, "Munaqosah ini diadakan untuk menguji anak-anak, sudahkah mampu membaca Al Quran dengan baik dan lancar sesuai standar. Dalam munaqosah akan diuji fashohah, tartil, hafalan gharib, hafalan tajwid dan hafalan Juz Amma."

Ditambahkan bahwa pengajaran membaca Al Quran dengan metode Ummi ini berlangsung sejak anak-anak masuk di kelas satu SDIT Nurul Islam. "Jilid satu sampai tiga diselesaikan di kelas satu. Jilid empat sampai lima di kelas dua. jilid enam sampai Al Quran di kelas tiga. Sedang untuk gharib di kelas empat dan tajwid di kelas enam", terang Wasito.

Bagi peserta munaqosah yang dinyatakan lulus, akan mengikuti khataman dan imtihan atau uji publik di awal Desember 2017. Sedangkan yang belum lulus, disediakan waktu untuk mengulang ujian. Ditambahkan Wasito bahwa untuk mengawal kualitas standar pembelajaran metode Ummi ini para guru Al Quran SDIT Nurul Islam mendapatkan supervisi, sertifikasi dan tahsin reguler secara berkala dari Ummi Foundation pusat di Surabaya.

suaramerdeka.com

 

 

 

Versi cetak

Berita Terkait


Pesan Singkat (shoutbox)

Statistik Website

    Visitors :259897 Visitor
    Hits :735531 hits
    Month :1148 Users
    Today : 151 Users
    Online : 2 Users

YPI Sabilul Khoirot bertekad menyelenggarakan pendidikan yang Profesional dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Mencetak generasi Cerdas yang Berakhlaqul Karimah. Menyelenggarakan Usaha produktif. Serta mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki jaringan regional, nasional dan global.