Language Festival 2016 SMPIT Nurul Islam Tengaran


Posted on: 22 October 2016


Tengaran, 18 Maret 2016

Hari ketiga gelaran Language Festival (LF) Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang, menampilkan perlombaan bercerita dalam dua bahasa, Arab dan Inggris. Story Telling maupun Taqdimul Qisoh ini diikuti oleh perwakilan kelas dari kelas 7 dan kelas 8.

Sebagaimana perlombaan dua hari sebelumnya, dalam LF 2016 kali ini, peserta merupakan siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMPIT Nurul Islam Tengaran. Sekolah berasrama ini menggelar LF, rutin setiap tahun di pertengahan semester genap. "Language Festival bagi siswa-siswi SMPIT Nuris ini merupakan salah satu kegiatan yang telah diprogramkan, sebagaimana class meeting, study tour, kebersihan lingungan dan lain sebagainya. LF 2016 ini berupa perlombaan antar kelas, yang mempergunakan dua bahasa, yaitu Arab dan bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk mengasah skill kebahasaan anak", ungkap Purwoko, Direktur Pendidikan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Sabilul Khoirot, yayasan yang menaungi SMPIT Nurul Islam Tengaran.

 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam
(PAIS) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang, H.
Taufiqurrahman, S.Ag., M.Si., pengawas sekolah, Haryanto, M.Pd,
Fasilitator Daerah USAID Prioritas, Dra. Restu, M.Pd., Ketua Jaringan
Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Korda Semarang, Muniroh, M.Pd., serta
perangkat desa setempat. Acara ini juga dihadiri oleh puluhan
siswa-siswi perwakilan dari SMP/MTs di sekitar Kabupaten Semarang,
mahasiswa dan masyarakat umum.

 

Kepala Seksi (KASI) Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman, M.Si yang turut hadir dalam pembukaan LF 2016 ini berpesan bahwa kegiatan Language Festival yang diadakan sekolah berbasis pesantren ini senada dengan anjuran bapak gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yaitu agar sekolah mengupayakan alumninya mampu aktif berbahasa Internasional.

Senada dengan Kemenag, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang, Haryanto, M.Pd mengatakan, "Dalam program Bulan Bahasan yang dicanangkan pemerintah, SMPIT Nurul Islam telah mampu menyelenggarakan kegiatan bertema bahasa seperti Language Festival ini. Hal ini kami apresiasi".

Beberapa lomba yang telah digelar dalam LF kali ini antara lain: pidato, mendongeng, membaca berita, lomba tahfidz, membaca kitab, adzan, MTQ, serta berbagai games dengan bahasa Inggris maupun Arab. Direncanakan saat penutupan nanti, akan dipentaskan drama dua bahasa oleh siswa-siswi Nurul Islam.

Direncanakan, kegiatan yang mengambil tema “Conquering the World by Language, Grasping Jannah through Al Qur’an” ini akan ditutup pada Sabtu (19/3) malam, berupa pentas seni dua bahasa.

 

huma

Versi cetak

Berita Terkait


Pesan Singkat (shoutbox)

Statistik Website

    Visitors :259893 Visitor
    Hits :735477 hits
    Month :1148 Users
    Today : 149 Users
    Online : 5 Users

YPI Sabilul Khoirot bertekad menyelenggarakan pendidikan yang Profesional dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam. Mencetak generasi Cerdas yang Berakhlaqul Karimah. Menyelenggarakan Usaha produktif. Serta mewujudkan lembaga pendidikan yang memiliki jaringan regional, nasional dan global.