YPI Sabilul Khoirot
Rubrik : Even Kegiatan
Gelar Puncak Tema, SDIT Nurul Islam Hadirkan Pejuang
2018-02-23 - by : admin

 


 


 



Bertempat di halaman masjid Sabilul Khoirot komplek Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Butuh Tengaran, 120 murid kelas 5 didampingi wali kelas beserta guru pengampu mata pelajaran kelas V mengikuti kegiatan puncak tema tujuh, Kamis (22/2).


Kegiatan puncak tema 7 tentang Peristiwa Dalam Kehidupan ini, diisi dengan menghadirkan seorang pelaku sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), bapak Slamet Sumitro dari Kembangsari Tengaran. Beliau adalah seorang veteran, pejuang kemerdekaan Indonesia.


Kehadiran beliau di panggung, diiringi lagu Indonesia Raya dan lagu Maju Tak Gentar yang dinyanyikan bersama para murid. Suasana terlihat semangat, dan mampu membuat kita yang hadir di lokasi mendapatkan semangat bergemuruh di dada.


Selama 30 menit, Slamet Sumitro bercerita panjang lebar bagaimana saat berjuang menghadapi penjajah Belanda dan Jepang saat itu. "Kita rela meninggalkan anak, istri hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Terkadang kami harus kehilangan teman seperjuangan yang gugur di medan pertempuran, saat itu di Ambarawa".



Di akhir penuturannya, beliau berpesan kepada seluruh murid dan guru agar belajar yang sungguh-sungguh, pantang menyerah dan tetap jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari gangguan dan ancaman yang menghendaki Indonesia hancur.


Akhir paparan Slamet Sumitro, diakhiri dengan pekikan takbir dan merdeka bersama para murid dan guru. Koordinator acara puncak tema 7, Mediana Marta Novalia, S.Pd. menyampaikan, acara ini diselenggarakan dalam rangka puncak tema 7 kurikulum 2013, yaitu Peristiwa Dalam Kehidupan.


"Kami menghadirkan seorang pelaku sejarah perjuangan kemerdekaan RI, Slamet Sumitro, dengan tujuan memberikan gambaran langsung kepada anak-anak tentang betapa beratnya perjuangan mencapai kemerdekaan dan mempertahankannya. Selain itu juga untuk menanamkan rasa hormat kepada para pahlawan dan cinta tanah air, sehingga tumbuh rasa tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif mulia di era globalisasi ini," imbuh Mediana.


humas-fajar
suaramerdeka.com


 


 


 

YPI Sabilul Khoirot : http://ypisabilulkhoirot.com
Versi Online : http://ypisabilulkhoirot.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=443