YPI Sabilul Khoirot
Rubrik : Even Kegiatan
Usia Baligh pada Anak Didik Wajib Dikawal Bersama
2018-02-26 - by : admin

 


 


 



Parenting SDIT Nuris Tengaran
Kajian parenting dengan tema Sukses Mengantarkan Anak Memasuki Usia Baligh yang digelar oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Butuh Tengaran disampaikan konsultan remaja dan sekolah dari Sragen, Sholihin Abu Izzudin, Sabtu (24/2).


Parenting ini digelar di masjid Assalam komplek Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam yang diikuti oleh orang tua murid kelas 4, 5 dan 6 SDIT Nurul Islam. Sholihin yang juga seorang penulis ini menyampaikan bahwa dalam mengantarkan anak memasuki usia baligh, pertama harus ada kekompakan di antara ayah dan ibu. Keteladanan orang tua menjadi mutlak agar nasehatnya diikuti putra-putrinya.


Selain itu, orang tua harus mampu menjadi teman dekat putra-putrinya agar mudah dalam memberi nasehat dan mengarahkan anak. "Agar bisa dekat sama anak kita di usia remaja, mafaatkan waktu di perjalanan, saat makan dan saat anak kita sakit. Beri perhatian lebih agar kita dapat dekat, dan lakukan komunikasi timbal balik secara terus menerus," pesan Sholihin.


Hal pertama yang perlu ditekankan kepada anak menuju usia baligh adalah mengenalkan masalah fikih thoharoh, agar anak benar-benar memperhatikan pentingnya tata cara bersuci yang benar dan sah menurut syariat Islam. Hal ini penting dan utama karena menjadi syarat sahnya ibadah yaitu dalam keadaan suci.


Penekanan batas-batas aurat antara laki-laki dan perempuan, serta kewajiban menutupi dan melindunginya. "Kuncinya di orang tua, bagaimana memberikan teladan, dan ketegasan untuk urusan agamanya," pesan Sholihin.


Dalam sambutannya, Siti Rofiah, S.Pd selaku wakil kepala kurikulum SDIT Nurul Islam berpesan, usia baligh pada anak didik wajib kita kawal bersama. Hal ini menjadi penting karena anak sudah harus menanggung urusan pelaksanaan ibadahnya secara mandiri.


"Mendampingi mereka di usia remaja, dan menjadikan mereka teman agar dapat kita arahkan menjadi muslim-muslimah yang sholih. Semoga melalui parenting kali ini mampu memotivasi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya memasuki usia baligh," katanya.


humas-sugiharto
suaramerdeka.com


 


 


 

YPI Sabilul Khoirot : http://ypisabilulkhoirot.com
Versi Online : http://ypisabilulkhoirot.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=445