logo

PENYUSUNAN TIGA ATURAN POKOK YPI SABILUL KHOIROT : STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA KELOLA (SOTK), PERATURAN KEPEGAWAIAN DAN PERATURAN KEUANGAN

Penandatanganan Aturan POkok YAyasan oleh dewan pembina YPI Sabilul Khoirot

Akhir tahun 2020 lalu menjadi masa yang sangat sibuk bagi  YPI Ponpes Sabilul Khoirot Tengaran. Sebab selain agenda rutin akhir tahunan berupa penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Yayasan (RKAY) 2021, YPI juga menyusun dan menyepakati tiga aturan pokok yayasan, yang terdiri dari Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK), Peraturan Kepegawaian dan Peraturan Keuangan. Berhubung pandemi covid-19 yang masih melanda, maka semua kegiatan di fokuskan bertempat di gedung Zainal Mahmud Center, Tengaran.

Sebagai persiapan penyusunan aturan pokok yayasan, Rapat Pengurus Harian menyepakati dibentuknya tiga pansus yang masing-masing membidangi tiga aturan pokok yayasan. Pansus SOTK dipimpin oleh Ust M. As`ad Mahmud, Lc, Pansus kepegawaian di pimpin oleh Ustdz Suminah, M. Si, dan pansus keuangan dipimpin oleh ust Parjono, S,Pt.

Setelahnya, semua pansus melakukan studi banding ke YAyasan Nurhidayah Surakarta, untuk mempelajari bagaimana tiga aturan pokok itu di susun dan di implementasikan. Rombongan studi banding dipimpin langsung oleh ketua MAjlis Syuro YPI, Dr H Muhammad HAris, M.Si, diikuti semua anggota pansus. Rombongan diterima langsung oleh Dewan Pembina Yayasan Nurhidayah, Dr H Wiranto.

Adapun rincian agenda penyusunan aturan pokok yayasan adalah sebagai berikut ;

  • 4 November 2020                    : Studi banding ke Yayasan Nurhidayah Surakarta
  • 5 – 20 November 2020           : Rapat pansus (empat kali rapat)                             
  • 21-22 November 2020           : Pleno hasil rapat pansus
  • 31 Desember 2020                 : Pengesahan – pengesahan

Setelah melalui rapat – rapat maraton selama kurang lebih dua bulan, akhirnya di sahkanlah aturan pokok yayasan seiring pelantikan pengurus baru pada tanggal 31 desember 2020.

“Dengan aturan pokok ini kita berharap bahwa dokumen – dokumen penting dan mendasar yang dibutuhkan oleh yayasan bisa terpenuhi. Dan ini adalah sarana agar Yayasan kita menjadi semakin maju, profesional dan menjadi rujukan bagi lembaga yang lain”, kata Ust Dr. H Muh Haris, M.Si, ketua Majlis Syuro Yayasan.

Setelah pengesahan aturan pokok ini bukan berarti tugas YPI sudah selesai. Sebab masih menunggu tugas berikutnya yaitu revisi AD/ART dan juga penyusunan Rencana strategis jangka panjang 20 tahunan dan juga Rencana Strategis Jangka Menengah lima tahunan. Semuanya harus tersusun paling lambat pada tahun 2021 nanti, dengan melibatkan semua stake holder atau pemangku kepentingan di tingkat Yayasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KONTAK INFO
YPI SABILUL KHOIROT TENGARAN
LIHAT SEMUA
Kategori
Tweets