logo

SDIT Nuris Tengaran Gelar Munaqosah UMMI Angkatan Keenam

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Butuh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang menggelar munaqosah UMMI angkatan keenam. Kegiatan ini merupakan uji kemampuan baca Alquran murid SDIT Nurul Islam.Ujian kali ini diikuti oleh 117 murid, akhir pekan lalu.

Satu per satu murid yang telah menyelesaikan pembelajaran Baca Tulis Alquran  (BTAQ) metode UMMI sejak kelas satu, diuji langsung tim quality control (QC). Mereka dites kemampuan membaca Alqurannya, hafalan surat Alquran, serta pengetahuan ilmu tajwid. Demikian penjelasan dari Kepala SDIT Nuris Tengaran, Suminah, S.Ag, M.Si.

“Pembelajaran BTAQ metode UMMI telah diterapkan di sekolah ini sejak kelas satu, dan rata-rata di kelas empat dan lima para murid ditarget untuk menuntaskan
enam jilid pembelajaran UMMI tersebut,” terang Wasito selaku Koordinator UMMI SDIT Nurul Islam.

Hasil dari munaqosah ini, bagi semua murid yang telah lulus, berarti mereka sudah memiliki standar bacaan Alquran yang sesuai diharapkan ataupun ditargetkan sekolah, yaitu mampu membaca Alquran dengan tartil dan lancar. Adapun bagi yang belum lulus, akan diikutkan dalam remidial di dua pekan yang akan datang.

Dijadwalkan besok bulan April 2019 akan dilakukan khataman dan imtihan Alquran sebagai bentuk ceremony kelulusan. Dalam wisuda tersebut akan diundang para tokoh masyarakat bersama orang tua murid. Murid yang telah lulus akan diuji publik saat wisuda digelar.

“Khataman dan imtihan Alquran selalu kami gelar sebagai wujud pertanggungjawaban kami dalam mendidik putra-putri orang tua murid SDIT Nurul Islam Tengaran. Mereka dipersilakan menguji putra-putrinya saat wisuda tesebut,” pesan Wasito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KONTAK INFO
YPI SABILUL KHOIROT TENGARAN
LIHAT SEMUA
Kategori
Tweets