logo

WAJAH BARU DAN PENAJAMAN VISI PESANTREN SABILUL KHOIROT

Kepengurusan baru YPI Ponpes Sabilul Khoirot Tengaran periode 2021-2025
Santri Sabilul Khoirot saat istighotsah, foto diambil sebelum pandemi covid-19

Pergantian tahun 2020 ke 2021 menjadi pergantian tahun yang sibuk bagi YPI Ponpes Sabilul Khoirot Tengaran. Sebab, di samping agenda rapat rutin tahunan, tahun ini juga bertepatan dengan agenda lima tahunan perubahan struktur organisasi di Yayasan.

Setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya disusunlah struktur pengurus baru YPI Sabilul Khoirot 2021-2025 sebagaimana yang sudah dirilis sebelumnya

Di antara perubahan besar yang dilakukan Yayasan dalam struktur organisasinya adalah perubahan pada Direktorat Kepesantrenan. Bukan hanya pada struktur direktoratnya, tapi juga pada pengokohan kembali kegiatan sore dan malam hari di lingkungan pesantren di bawah bendera Pondok Pesantren Sabilul Khoirot. Dengan demikian pembagian locus kegiatan kependidikan di dalam YPI Sabilul Khoirot Tengaran terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu kegiatan pagi di bawah nama Sekolah / Madrasah Nurul Islam serta kegiatan sore dan malam dihelat di bawah Pondok Pesantren Sabilul Khoirot. Dengan ini diharapkan penyebutan asrama juga ditinggalkan, digantikan dengan pondok atau pesantren.

Pada sisi strukturnya, Direktorat Kepesantrenan juga mengalami perubahan. Sebelumnya, Direktorat Kepesantrenan yang dipimpin oleh Ustadz M. Sa’dullah Mahmud, M.Psi hanya dibantu oleh Majelis Dewan Pakar yang secara struktural tidak mempunyai akses kepada kegiatan pesantren. Waktu itu Dewan Pakar beranggotakan Ustadz H.M. Thoyib, Lc dan Ustadz H. Lutfi Chakim, Lc.

H. Lutfi Chakim, Lc, direktur Kepesantrenan

Perubahan dimulai dari level pimpinan, dimana Direktorat Kepesantrenan sekarang dijabat oleh H. Lutfi Chakim, Lc. Kemudian di bawah beliau terdapat empat koordinator yang membantu kinerja direktur, yakni koordinator penjamin mutu Alquran, koordinator penjamin mutu Bahasa Arab, koordinator penjamin mutu Bahasa Inggris dan koordinator penjamin mutu karakter siswa. Koordinator penjamin mutu Alquran dijabat oleh Ustadz Khoirul Umar Al Hafidz, yang merupakan pewaris enam sanad qiroah dan mutun tajwid, koordinator penjamin mutu Bahasa Arab dijabat oleh Ustadz Sugiyanto, koordinator penjamin mutu Bahasa Inggris dijabat oleh Ustadz M. Anwarul Kafi, dan koordinator penjamin mutu karakter siswa di jabat oleh Ustadz M. Sa`dullah Mahmud, M.Psi.

Pengembangan struktur Direktorat Kepesantrenan ini tentu bertujuan agar ruh pesantren semakin kental terasa di Sabilul Khoirot. Di samping juga agar visi dan misi kepesantrenan berjalan secara selaras dan harmonis, tanpa membedakan apakah itu santri SMPIT, SMAIT ataupun Madrasah Aliyah.

“Semua civitas akademika yang ada di Sabilul Khoirot harus menghidupkan ruh yang sama dan menggolkan visi yang sama, sehingga di unit apapun santri belajar dia adalah santri Sabilul Khoirot”, kata Ustadz Lutfi Chakim, Lc, Direktur Kepesantrenan yang baru.

(santriwati Sabilul Khoirot, foto diambil sebelum pandemi covid-19)

Dengan adanya koordinator di masing masing bidang, output yang diharapkan lahir dari kawah candradimuka Ponpes Sabilul Khoirot ini adalah terbentuknya santri-santri yang berakhlak mulia, kompeten dalam Alquran, sukses dalam studi dan menguasai Bahasa Arab atau Bahasa Inggris. Dengan visi kepesantrenan yang sudah tersambung sedemikian rupa, maka diharapkan santri SMPIT Nurul Islam dapat melanjutkan studinya ke SMAIT atau Madrsah Aliyah Nurul Islam juga, sehingga tidak terjadi keterputusan visi dan program dalam dirinya. Jika lulus dari SMPIT, kemudian melanjutkan studi ke luar, dikhawatirkan harus mengulangi lagi proses penanaman karakter dan tarbiyah yang sudah dirintis di SMPIT Nurul Islam Tengaran.

(admin/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KONTAK INFO
YPI SABILUL KHOIROT TENGARAN
LIHAT SEMUA
Kategori
Tweets